«

Mei 31 2018

PRAKTEK BELAJAR LAPANGAN (PBL) MAHASISWA GIZI POLTEKKES MALANG KE RSUD KOTA MALANG

Foto bersama Mahasiswa Gizi Poltekes Malang

Keinginan untuk mendukung salah satu misi Pemerintah Kota Malang untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat kota malang, maka RSUD Kota Malang membuka kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang ingin melakukan magang maupun kunjungan ke rumah sakit sesuai bidang terkait yang ditekuninya. Salah satu kunjungan dari instansi pendidikan di Kota Malang ialah dari mahasiswa gizi Politeknik Kesehatan Kota Malang.

Kunjungan Mahasiswa Gizi Poltekkes Malang ke RSUD Kota Malang ini, bukan yang pertama kalinya.  Sejauh ini kurang lebih sebanyak 160 mahasiswa D3 dan D4 Poltekkes Malang, melakukan kunjungan untuk belajar lebih dalam mengenai praktik lapangan bagaimana Ilmu Gizi diaplikasikan secara langsung.

Para mahasiswa gizi Praktek Belajar Lapangan (PBL) Poltekkes Malang ini, diberikan dua materi besar meliputi pengisian formulir asuhan gizi pasien, serta materi tentang manajemen penyelenggaraan makanan di unit produksi makanan instalasi gizi. Dua materi besar ini dirangkum dalam satu hari kegiatan di RSUD Kota Malang yang didampingi langsung oleh Kepala Instalasi Gizi RSUD Kota Malang, Asep Fery Deni Septian, S.ST.

Pemberian Materi Oleh Kepala Instalasi Gizi RSUD Kota Malang

Urutan rangkaian kegiatan yang diberikan kepada para mahasiswa gizi ini, antara lain:

  1. Sambutan dari Direktur RSUD Kota Malang
  2. Penjelasan tentang pelayanan gizi di RSUD Kota Malang oleh Kepala Instalasi Gizi RSUD Kota Malang
  3. Pembagian kelompok untuk kunjungan ke pasien
  4. Kunjungan ke pasien-pasien di rawat inap
  5. Sesi Tanya

Kunjungan Langsung ke Pasien di Rawat inap

Kunjungan ke Instalasi Gizi RSUD Kota Malang

Secara teknis, mahasiswa yang telah dibagi-bagi ke dalam kelompok kecil tersebut akan belajar langsung tentang bagaimana menentukan masalah gizi yang telah ditemukan pada pasien, belajar tentang diagnosis gizi pasien. Selain itu, para mahasiswa juga diajak juga untuk belajar menentukan intervensi gizi hingga membuat rencana monitoring dan evaluasi gizi sesuai kasus pada setiap pasien. Diharapkan, setelah dilakukannya kunjungan ini, maka para mahasiswa gizi tersebut akan lebih dapat memahami tentang bagaimana ilmu gizi diaplikasikan dilapangan secara langsung salah satunya pada pasien-pasien rumah sakit yang membutuhkan asuhan gizi.