berita

Penanganan Limbah Medis di RSUD Kota Malang

Limbah medis adalah hasil buangan dari suatu aktivitas medis Limbah medis harus sesegera mungkin diolah setelah dihasilkan dan penyimpanan menjadi pilihan terakhir jika limbah tidak dapat langsung diolah.[1] Faktor penting dalam penyimpanan limbah medis adalah melengkapi tempat penyimpanan dengan penutup, menjaga areal penyimpanan limbah medis tidak tercampur dengan limbah non-medis, membatasi akses lokasi, dan pemilihan tempat yang tepat. [2]

Limbah medis yang berada di RSUD Kota Malang ditangani oleh pihak ke tiga yaitu PT PRIA (Putra Restu Ibu Abadi) dimana pihak tersebut akan mengambil limbah untuk kemudian disalurkan ke tempat pemusnahan yang berada pada kantor PT PRIA. PT.Putra Restu Ibu Abadi sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengolahan, pemanfaatan dan pengangkutan limbah B3. Penyimpanan Limbah sendiri tidak boleh disimpan dalam kurun waktu lebih dari 2 hari, oleh karena itu limbah B3 di RSUD Kota Malang diambil oleh PT PRIA pada hari Senin, Rabu, dan Jumat pada pagi hari atau siang hari. Petugas Sanitarian RSUD Kota Malang bekerjasama dengan pihak PT PRIA untuk menangani Limbah B3 sejumlah 50kg perharinya.

Truk Pengambilan Limbah B3

 

Petugas Mengangkut Limbah B3 (1)

 

Petugas Mengangkut Limbah B3 (2)

 

Kunjungan ke PT PRIA

 

Sumber :

  1. ^ (Inggris) Singh VP, et al. 2007. Biomedical Waste Management – An Emerging Concern in Indian Hospitals. Ind J Forensic Med Toxicol 1:7-12.
  2. Paramita N. 2007. Evaluasi pengelolaan sampah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Presipitasi 2 (1): 51-55.

Related posts
berita

PJ Walikota Malang Kunjungi RSUD Kota Malang

RSUD Kota Malang – Saat melakukan kunjungan ke RSUD Kota Malang, Pj. Walikota Malang Dr. Ir.
Read more
berita

In-House Training Teknik Asepsis dan Sosialisasi Medical Error

Salam tahes #nawakmbois Teknik aseptik/asepsis adalah segala upaya yang dilakukan untuk mencegah…
Read more
berita

Kolaborasi RSUD Kota Malang dan Dinkes Malang dalam Lomba Senam Malang Seger 2022

Salam Tahes #nawakmbois Selamat Kepada Tim Kolaborasi RSUD Kota Malang dan Dinas Kesehatan Kota…
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *